Menulis Artikel di Blog ( Sumber: http://rwpgrup.com/blog/7-cara-menulis-artikel-di-blog/ )

Menulis Artikel di Blog  ( Sumber: http://rwpgrup.com/blog/7-cara-menulis-artikel-di-blog/ ) adalah kegiatan rutin yg harus dilakukan oleh siapa saja yg ingin bisnis online-nya langgeng. Siapa yg rajin menulis secara berkala, akan memetik hasilnya dalam sekian bulan atau sekian tahun. Siapa yg rajin menulis, maka secara bertahap “branding dirinya” atau “branding merk produknya” akan terangkat sendiri.

Jika branding sudah terangkat, maka efek promosi dari mulut ke mulut akan terjadi sendiri. Efek promosi ini akan membuat Sobat atau produk Sobat dikenal orang Indonesia secara luas tanpa mengeluarkan biaya promosi khusus. Jika sudah dikenal banyak orang, maka Sobat akan mudah menjual produk apa saja, baik produk yg sudah dijual selama ini, maupun produk baru yg akan Sobat launching beberapa waktu ke depan. Bukankah hal ini sangat menguntungkan Sobat utk jangka panjang??

Namun pertanyaannya, bagaimana cara menulis & apa saja yg bisa Sobat tulis untuk menarik kedatangan pengunjung ke Blog kita?

Nah, untuk kemudahan Sobat menulis, Saya akan memaparkan 7 Cara Menulis Artikel di Blog yg disukai pembaca. Targetnya adalah Sobat akan kedatangan pengunjung baru dari pencarian di Google, dari promosi mulut ke mulut, dan ujung-ujungnya Penjualan produk Sobat akan meningkat dengan sendirinya…Mau tahu caranya?

———————————–

Berdasarkan hasil penelitian Sosial Media B2B, bisnis yg menerapkan kegiatan menulis di blog atau dikenal dg istilah Blogging bisa meningkatkan Leads (hot prospek) lebih besar 67% dibanding bisnis yg tidak menerapkan kegiatan blogging.

“Did you know that businesses that blog generate 67% more leads than businesses that don’t? It’s true. And it’s just one of the many reasons blogging should be part of your overall integrated marketing program”.

cara menulis artikel di blog

———————————–

Berikut 7 Strategi Cara Menulis Artikel yg sudah Saya terapkan untuk beberapa Blog pribadi :

1. Buat Judul Berdasarkan Keyword Pencari Terbanyak.

Jika Sobat sudah punya ide untuk menulis, ada baiknya merancang nama judul berdasarkan kata kunci yg banyak dicari orang di internet (mesin pencari google). Gunakan alat GKP (Google Keyword Planner) utk mengetahui kata kunci yg banyak dicari orang Indonesia per bulan selama setahun terakhir.

Jika rencana judul Sobat berkaitan dg produk/topik yg sedikit pencarinya di alat GKP, maka tidak perlu dipaksakan harus menggunakan “kata kunci lain” yg tidak berhubungan dg topik yg Sobat tulis.

Jika rencana judul Sobat sedikit pencarinya, namun masih bisa didekatkan dg “kata kunci lain” yg banyak pencarinya, maka ubahlah judul tsb dg menggunakan kata kunci yg banyak pencarinya.

Misal, sebelum menulis artikel ini sampai selesai, Saya sudah membuat konsep tulisan dg judul “Cara Menulis di Blog yg Menarik Pengunjung” dg target kata kunci ‘cara menulis di blog’. Sempat juga Saya ganti judulnya dg “Bagaimana Cara Menulis di Blog…”. Semua ini awalnya Saya tulis hanya berdasarkan feeling, belum menggunakan kata kunci hasil riset.

Namun setelah Saya cek dg alat GKP, ternyata ada pencari kata kunci lain yg lebih banyak pencarinya dibandingkan kata kunci “cara menulis di blog”. Kata kunci tsb adalah “cara menulis artikel” (jumlah pencarian 1.300 per bulan).

Hasil riset menggunakan alat GKP (Google Keyword Planner) adalah sbb :

cara menulis artikel = 1300

cara menulis di blog = 480

bagaimana cara menulis di blog = 10

cara menulis artikel di blog = 210

——————————————

Dengan bekal informasi jumlah pencari (pasar) utk 4 kata kunci di atas, akhirnya Saya ganti judul artikel ini menjadi “7 Cara Menulis Artikel di Blog yg Menarik Pengunjung”. Dengan membuat judul ini, Saya sudah menggabungkan 3 potensi kata kunci dg jumlah pencari gabungan = 1.300 + 480 + 210 = 1.990

Penjelasannya :

cara menulis artikel (1300) + cara menulis di blog (480) + cara menulis artikel di blog (210+) = 1.990

2. Gabungkan Unsur Robot Google & Unsur Manusia sebagai Target Pembaca.

Terkadang kita yg sedang belajar ilmu SEO Google terlalu terpaku dg target tampil di halaman pertama google, sehingga dalam menulis lebih sering memasukkan kata kunci dg target supaya dibaca robot google. Gaya penulisan seperti ini biasanya kaku jika dibaca orang, karena tulisan tsb ditujukan semata-mata utk dibaca robot.

Padahal pembeli kita nanti sebenarnya adalah manusia….! Sehingga sangat penting untuk membuat artikel dg mempertimbangkan unsur manusia sebagai pembaca setia kita. Jika manusia sudah suka dg tulisan kita, maka dia akan balik lagi suatu ketika ke situs Sobat. Jika orang yg sama balik lagi ke situs kita, maka akan dicatat bagus oleh robot google. Hal ini tentu berpengaruh baik terhadap peringkat SEO kita di halaman pencarian google.

Jadi utamakan menulis buat manusia, nanti robot google akan suka sendiri tulisan kita. Jangan dibalik ya Sobat..!!! Biasanya kita suka mengutak-atik tulisan untuk disukai robot google, sehingga tidak otomatis disukai manusia sbg calon pembeli.

Gabungan antara unsur robot google & unsur manusia akan meningkatkan pengunjung setia ke Situs Sobat. Jika pengunjung sudah setia, maka penjualan akan lebih mudah terjadi.

Bagaimana bisa dikatakan bahwa pengunjung lama yg balik lagi ke situs Sobat akan berpengaruh baik terhadap rangking SEO Sobat di mesin pencari google?

Silahkan Sobat baca penjelasannya pada poin 4 di bawah ya…!

3. Menulis dg Gaya Seolah Berbicara kepada Teman Dekat.

Setiap kita punya gaya penulisan sendiri-sendiri. Jika untuk tujuan “have a fun” sekedar menghabiskan waktu kosong tanpa ada tujuan bisnis, silahkan Sobat tulis apa saja tanpa menghiraukan manfaat utk pengunjung.

Namun jika tujuan Sobat adalah untuk mendapatkan pengunjung dari google & mencari penghasilan dari tulisan di blog, maka Saya sarankan mulailah belajar menulis dg tujuan memberikan manfaat kepada orang lain terlebih dulu. Karena tujuannya memberikan manfaat  (bukan langsung menjual), maka lakukan pendekatan tulisan seperti sedang berbicara kepada seorang teman akrab.

Biasanya kita yg peduli sama teman akrab akan selalu memberikan info terbaik, saran terbaik, dan berita-berita bagus kepada teman tsb. Kita akan sampaikan apa saja dg bahasa pendekatan sederhana agar semakin mudah dimengerti teman kita tsb. Kita tidak akan mempersulit dg bahasa/istilah tingkat tinggi seperti yg banyak dipakai para penulis di media massa. Semakin sulit tulisan Sobat dicerna, maka akan semakin membuat jarak antara Sobat & Pembaca tulisan tsb. Sebaliknya, semakin mudah dicerna, maka akan semakin mendekatkan jarak antara Sobat & Pembaca tulisan tsb. Efeknya, mereka akan selalu mendengar saran-saran & membaca apa saja artikel yg Sobat tulis di Blog.

Bukankah Gaya menulis seperti ini lebih mudah Sobat lakukan & lebih bagus efeknya utk penjualan jangka panjang?

“Writing for a blog is much more conversational than the writing you did in high school or at the University level. Write as though you’re having a cup of coffee with a friend. By doing so, your blog will be read, digested, and shared with others” (Jamie-60 Second Marketer Blog).

kata-kata mutiara sahabat

———————-

Okay sampai di sini dulu yah artikel Episode Pertama “7 Cara Menulis Artikel di Blog yg Menarik Pengunjung”. Nantikan artikel Episode Kedua beberapa hari lagi di Blog ini. Bagi Sobat yg berlangganan Newletter Blog RWP ini, silahkan cek informasinya via email beberapa hari lagi yah….!

Insya Allah tulisan episode kedua akan membahas kelanjutan 7 Cara Menulis Artikel dg pembahasan 4 strategi lain:

4. Manfaatkan Alat Otomatis yg Memanggil Pengunjung Datang Kembali.

5. Promosikan Link Artikel Terbaru Sobat ke Media Sosial Terlebih Dahulu.

6. Promosikan Link Artikel Sobat ke berbagai Situs Ber-PR Tinggi & Dofollow.

7. Yang Paling Penting adalah Lakukan dg Rutin.

——————————

Kontak Tim RWP-BSG :

HP XL : 0818-0493-4850 (Call/SMS).
HP Simpati : 0813-1132-1865 (Call/SMS).
HP Marketing : 0877-7038-0976 (Call/SMS).
PIN BB : 2889F8B1

Sukses untuk Sobat yg mau cepat berhasil dg belajar tatap muka…!

Davit, RWP-BSG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s